Kota Tua: Mengenal dari sekelilingnya

Kota tua memiliki unsur magis yang selalu membuat orang untuk berkunjung kembali. Saat  17 Agustus 2021, entah pikiran apa yang terlintas untuk berkunjung ke tempat ini.. Beberapa kali ke Jakarta, belum ada niat sama sekali untuk berkunjung ke salah satu objek wisata favorit ini. 


Kota Tua Kala Sore

Sejarah Kota Tua

Kota Tua memiliki sejarah panjang yang memiliki banyak referensi, salah satunya menyebut pada tahun 1526 kota ini direbut dari kerajaan Hindu Pajajaran oleh  Kesultanan Demak  yang dikomandoi Fatahillah, kemudian pada tahun 1619 direbut oleh VOC kala itu.


Peta Batavia dengan bentengnya (Kasteel) pada tahun 1667

Setahun kemudian, dibangun lagi dengan nama Batavia untuk menghormati Batavieren, leluhur bangsa Belanda. Kota ini terpusat di sekitar tepi Sungai Ciliwung atau sekarang kita sebut  Lapangan Fatahillah

Bagaimana Akses Menuju Kota Tua?

Umumnya bisa dengan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Namun, bagi yang naik kendaraan umum boleh mencoba yang ini.



  

Sekian dulu yang bisa dikabari karebas, ku sendiri pun belum terlalu banyak menjelajah Kota Tua karena beberapa akses masuknya masih ditutup karena pandemi dan hanya sekelilingnya saja yang terbuka. 



 

Tidak ada komentar